Ayam Goreng ala Padang, Masakan Khas Daerah

Penggemar masakan dengan bahan dasar ayam mungkin cocok juga untuk menghidangkan ayam goreng bumbu padang ini. Ya, menu dari Padang tersebut memang bisa menjadi pilihan bagi menyukai ayam goreng. Karena dengan menu ini tentu akan lebih banyak variasi masakan ayam yang bisa dihidangkan sehingga tidak mudah bosan.

Rasa tentu menjadi suatu yang dijadikan pedoman kebanyakan orang untuk menikmati sebuah menu baru. Begitu juga dengan saya pribadi yang juga suka dengan ayam goreng bumbu ayam tersebut. Dari segi rasa sebenarnya garis besarnya sama yaitu gurih, lezat dan nikmat. Namun begitu tentu saja rasa dari masakan daerah ini tentu ada ciri khas tersendiri.



Rasa yang berbeda akan sangat dipengaruhi oleh bahan dan aneka bumbu yang digunakan. Meskipun sama-sama ayam goreng, jenis olahan dari berbagai daerah yang berbeda memang menghasilkan rasa yang khas sesuai karakter budaya di daerah asal. Begitu juga dengan masakan ayam yang akan kita buat ini.

Kelezatan rasa yang dihasilkan ayam goreng padang ini tidak lepas dari pemilihan daging ayam yang digunakan. Pasalnya, menu ayam ini menggunakan daging ayam kampung yang memang sudah terkenal akan rasanya yang lebih lezat. Untuk proses memasaknya sendiri tergolong mudah.

Daging ayam yang akan diolah pertama-tama dibaluri dengan bumbu agar meresap. Setelah itu dikukus atau direbus dengan bumbu agar tekstur dagingnya lebih lembut. Baru setelah itu daging digoreng. Mudahnya proses pengolahan ayam goreng ini tentu membuat kita yang belum pernah memasaknya sekalipun pasti bisa jika ingin mencobanya.

Bahan dan bumbu masak

Kalau masalah bahan tidak banyak seperti yang sudah kita singgung di atas. Bahan dasarnya menggunakan daging ayam kampung. Selain itu kita juga membutuhkan telur sebagai bahan tambahan. Ada juga jeruk nipis dan lengkuas. Bahan-bahan ayam goreng khas padang tersebut selengkapnya di bawah ini.

Bahan
  • 2 buah ayam kampung. Potong menjadi beberapa bagian.
  • 2 butir telur, kocok hingga merata
  • 2 sdm air perasan jeruk nipis
  • 2 ruas ibu jari lengkuas kemudian diparut
  • Minyak goreng rendah kolesterol secukupnya

Bumbu halus 
  • 1 ruas ibu jari lengkuas, kemudian diparut
  • 4 siung bawang putih
  • ½ sendok teh merica bulat
  • 1 ruas jari kunyit
  • garam secukupnya

Bahan dan bumbu tidak banyak namun rasanya begitu khas, hal ini karena kombinasi yang pas dan proses yang memang memiliki ciri tersendiri. Setelah siap dengan bahan serta bumbu masakan di atas maka tinggal menuju proses pengolahan.

Cara membuat ayam goreng bumbu padang 

Di atas sudah sedikit disinggung mengenai proses pengolahan masakan ini. Ya memang tidak sulit, intinya hanya beberapa tahap saja. Agar yang ingin mencoba belajar memasak masakan ini bisa lebih mudah maka tinggal mengikuti langkah pembuatan seperti di bawah ini.

  1. Langkah pertama kita bersihkan terlebih dahulu daging ayam. kemudian lumuri dengan perasan jeruk nipis. Diamkan terlebih dahulu selama 10 menit.
  2. Selanjutnya kita balur kembali dengan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan. Diamkan selama 25 menit agar bumbu meresap hingga kedalam daging. Semakin lama semakin meresap bumbu. Untuk mendapatkan tekstur yang empuk, kita bisa merebus terlebih dahulu daging ayam.
  3. Campurkan dan kocok telur beserta parutan lengkuas. Kemudian masukkan ayam kedalam campuran telur dan lengkuas ini.
  4. Panaskan minyak, tunggu hingga minyak benar-benar panas agar matang dapat merata.
  5. Goreng ayam hingga berwarna kecoklatan. Angkat kemudian tiriskan. Sajikan dengan sisa remah telur dan lengkuas yang telah digoreng beserta sambal dan nasi hangat.

Meski sama-sama ayam goreng tentu saja ayam goreng dari daerah Padang tersebut tentu saja berbeda rasa dengan yang lain. Jika disantap buru-buru mungkin tidak begitu terasa namun bagi kita pecinta kuliner yang lebih peka dengan masakan maka sudah pasti bisa membedakan dan bisa menikmati rasa khas yang dihasilkan.

Itulah sedikit mengenai resep masakan yang akan kita coba hari ini. Selalu bersama saya disini mudah-mudahan rekan semua akan mendapatkan referensi banyak resep masakan enak yang bisa disajikan untuk seluruh keluarga. 
0 Komentar untuk "Ayam Goreng ala Padang, Masakan Khas Daerah"

Back To Top