Resep Paprika Panggang Isi yang Mudah

Sebenarnya saya sedikit ragu mengajak rekan semua untuk mencoba resep paprika panggang isi ini. Pasalnya resep yang satu ini tergolong resep yang ala luar yang kental dengan nuansa Italia. Namun demikian, resep ini bisa kita gunakan untuk memperkaya koleksi sajian yang ada di rumah jadi tidak ada salahnya juga untuk dipelajari.

Membayangkan paprika panggang isi kita akan mendapatkan sensasi luar biasa beda dari berbagai santapan yang biasa kita buat. Hal ini karena rasa dari makanan ini merupakan kombinasi unik. Bayangkan saja, olahan daging dan sosis dibalut paprika sebagai wadah. Sensasi segar dan khas benar-benar melekat dalam masakan tersebut. Belum lagi sensasi keju yang disiramkan di atasnya, benar-benar cita rasa unik.


Sebagian orang menyebut makanan ini dengan sebutan "cangkir paprika ayam keju" dan sebagian lagi menyebutkan dengan sebutan "paprika isi ayam keju panggang". Saya sendiri lebih nyaman menyebut makanan ini dengan sebutan paprika panggang isi karena pilihan isinya bisa saja disesuaikan dengan keinginan.

Bahan paprika panggang isi

Masakan yang satu ini menggunakan paprika dengan warna berbeda sebagai bahan cangkir atau mangkuk. Untuk bahannya menggunakan daging ayam giling dan juga sosis.

Ada juga tambahan tomat dan bawang bombai dan beberapa bahan lain. Jika memungkinkan dan ingin membuatnya maka bisa menyiapkan bahan-bahannya sebagai berikut.

Bahan
- 3 buah paprika warna-warni ukuran sedang, belah memanjang, buang isinya.
- 350 gram ayam giling
- 3 buah sosis ayam dipotong dadu
- 1 buah tomat segar dan besar dipotong dadu
- 1/2 buah bawang bombay cacah halus
- 3 sdm saus lada hitam siap pakai
- 1/2 sdm saus tiram
- Parutan keju mozarella secukupnya
- Minyak zaitun atau mentega untuk menumis
- Oregano, gula, garam dan merica bubuk secukupnya

Bisa kita lihat dari bahan yang digunakan memang wajar jika sensasi segar bisa didapat dalam masakan ini. Hal ini bisa kita ketahui dari bahan tambahan berupa potongan tomat yang masih segar. Lalu apakah masakan ini cukup mudah untuk dibuat?

Cara membuat paprika isi ayam keju panggang

Membuat paprika panggang isi ayam ini tidaklah begitu sulit. Namun demikian untuk membuat makanan ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Hal ini karena untuk proses panggang oven saja masakan ini setidaknya membutuhkan waktu 35 sampai 1 jam pemanggangan. Lebih jelasnya bisa dilihat langkah pembuatannya sebagai berikut.

  1. Panaskan oven hingga sekitar 176 derajat celsius.
  2. Tumis bawang bombay hingga harum, kemudian masukkan ayam giling dan sosis ayam. tumis kembali hingga harum.
  3. Masukkan saus tiram, saus lada hitam, gula, garam dan merica secukupnya. Aduk merata dan masak hingga matang. Di 2 menit terakhir, masukkan tomat dan aduk kembali. Setelah matang, sisihkan.
  4. Siapkan paprika, masukkan isian ayam ke dalamnya. Boleh sampai agak menggunung. Kemudian taburi parutan mozarella hingga agak menutupi bawahnya. Taburi atasnya dengan sedikit oregano.
  5. Bungkus paprika dengan aluminium foil, panggang di oven hingga kulit paprika-nya melunak atau sesuai keinginan dan mozarella meleleh (sekitar 35 menit-1 jam).

Kalau anak saya sedikit bingung menyebut masakan ini apakah merupakan kue atau masakan yang untuk pendamping nasi. Memang, jika disandingkan bersama nasi tentu saja masakan ini terasa kurang pas tapi ya terserah yang mau makan, benar tidak?

Saya pribadi lebih suka menyantap menu ini tanpa pendamping. Ya sudah, yang penting hari ini kita sudah belajar resep paprika panggang isi tersebut. Mudah-mudahan bisa menjadi tambahan referensi. Jangan lupa besok kita kembali lagi untuk mencoba resep lain yang tak kalah enak dengan yang ini.
0 Komentar untuk "Resep Paprika Panggang Isi yang Mudah"

Back To Top