Cara Masak Pasta yang Mudah, Resep Sederhana

Sekali-kali kita belajar yang beda, yaitu cara masak pasta yang mudah dan tentunya sederhana atau simple agar kita bisa membuat sendiri di rumah. Jadi bisa dikatakan kita akan belajar resep pasta rumahan yang tentunya gampang untuk dimasak meski hanya di rumah sendiri. Maka dari itu, bagi anda yang ingin ikutan belajar membuat masakan yang satu ini bisa mulai bersiap-siap.


Cara Masak Pasta yang Mudah, Resep Sederhana


Karena kita memang sedang menyiapkan menu-menu makanan ala rumahan maka kita bukan hanya akan belajar memasak pasta melainkan kita juga akan belajar bagaimana cara membuat pasta yang sederhana dan mudah. Jadi pertama kita belajar membuat pasta baru setelah itu belajar memasak pasta yang sudah kita buat tersebut dengan resep yang sederhana.

Bahan - bahan yang dibutuhkan

Kita akan membuat makanan pasta dan kita akan membuat pasta-nya terlebih dahulu jadi tentu saja ada dua jenis bahan yang akan kita siapkan yaitu bahan untuk membuat pasta dan juga bahan untuk membuat saus pasta. Bahan utama untuk pasta adalah tepung terigu. Sedangkan bahan saus adalah pelatti atau tomat kaleng tanpa rasa. Supaya cepat mari kita siapkan semua bahan yang diperlukan seperti daftar di bawah ini.

Bahan Pasta:
  • 500 gram tepung terigu
  • 1/2 gelas air
  • Olive Oil
  • Keju Parmesan
  • Garam

Bahan Saus:
  • Pelatti atau disebut Peel Tomatoes (Tomat kaleng tanpa rasa, bentuknya masih berbentuk tomat bulat)
  • 5 Buah Tomat Cherry
  • 1 Buah Bawang Bombay
  • Olive Oil
  • 1/2 Sendok Teh Gula
  • Daun Basil

Ya kalau dilihat dari bahan - bahan di atas sih memang cukup sedikit. Tapi untuk jenis masakan atau menu makanan ini kita harus melakukan dua tahap pengolahan yaitu membuat pasta dan mengolah pasta tersebut. Sengaja saya mengajak anda untuk sekalian belajar membuat pasta-nya agar kita bisa dengan mudah menyiapkan sajian tersebut di rumah. Sekarang mari kita mulai dengan proses pembuatan.

Cara memasak pasta yang mudah

Untuk langkah - langkah atau cara membuat pasta tersebut akan kita bagi dalam dua tahap atau dua bagian. Yang pertama kita akan membuat pasta terlebih dahulu, baru yang kedua kita akan memasak pasta yang sudah kita buat tersebut. Tidak begitu rumit namun perlu ketelatenan, langkah-langkah atau caranya yaitu sebagai berikut!

Cara Membuat Pasta:
  1. Masukkan 500 gram tepung terigu ke dalam wadah.
  2. Campurkan dengan 1/2 gelas air
  3. Aduk dengan tangan hingga adonan terasa ulet. Jika terlalu banyak air, tinggal tambahkan tepung, begitu juga sebaliknya.
  4. Bentuk adonan seperti mi dengan panjang sekitar 10 senti. Gunakan telapak tangan untuk memilin adonan.
  5. Selalu tambahkan tepung terigu kering saat memilin, supaya adonan yang telah dipilin tidak lengket satu sama lain.
  6. Sambil memilin, panaskan air dalam panci.
  7. Masukkan sedikit garam dalam air rebusan, tunggu hingga benar-benar panas dan mendidih.
  8. Masukkan adonan yang telah dipilin ke dalam air yang sedang direbus selama dua menit. Jangan terlalu lama merebus pasta karena akan membuat pasta lembek dan tidak enak dimakan.
  9. Angkat pasta yang telah matang dalam wadah. Tuangkan sedikit olive oil kemudian aduk hingga rata dan diamkan hingga dingin.

Dalam proses pembuatan pasta ini ada beberapa hal yang sebaiknya kita perhatikan. Pertama, saat memilin adonan pasta, sebaiknya selalu taburkan terigu kering agar tidak lengket. Selain itu, dalam proses merebus hendaknya kita selalu rebus pasta dalam air yang benar-benar panas. Untuk waktunya pun perlu kita perhatikan, jangan merebus pasta terlalu lama tetapi rebus pasta di air panas 1-2 menit saja. Itu tadi beberapa hal yang sebaiknya kita perhatikan dalam proses pembuatan pasta.

Cara membuat saus:
  1. Hancurkan Pelatti (Peel Tomatoes) sehingga bentuknya menyerupai saus.
  2. Iris bawang bombay menjadi potongan dadu kecil-kecil.
  3. Panaskan wajan yang telah dituang olive oil secukupnya, tunggu hingga panas.
  4. Masukkan irisan bawang bombay, aduk hingga wangi.
  5. Masukkan sedikit air dan diamkan hingga mendidih.
  6. Masukkan lima buah tomat cherry ke dalam tumisan bawang bombay.
  7. Masukkan pula pelatti yang telah dihancurkan. Aduk hingga mendidih.
  8. Tambahkan setengah sendok teh gula pasir. Bisa juga gunakan Brown Sugar.
  9. Masukkan beberapa lembar daun basil ke dalam saus yang dimasak. Masak hingga daun terlihat layu.
  10.  Masukkan pasta yang telah didinginkan ke dalam saus yang sedang dimasak.
  11.  Tambahkan daun basil dan aduk hingga mendidih.
  12.  Angkat pasta dan sajikan dalam piring.
  13. Parut sedikit keju parmesan di atas pasta.
  14. Pasta siap dihidangkan.

Selain dalam proses pembuatan, dalam proses pengolahan atau memasak pasta juga ada beberapa tips yang baiknya kita ingat. Pertama mengenai minyak yang digunakan, sebisa mungkingkin jangan gunakan minyak lain selain olive oil. Karena olive oil sangat gurih dan rasa masakan semakin tajam.

Jika menggunakan minyak lain seperti minyak kelapa atau minyak sayur justru akan merusak tekstur pasta sekaligus citarasa yang ada. Selain itu jangan cuci daun basil, karena air akan menghilangkan aroma daun basil. Dengan memperhatikan beberapa kiat tersebut mudah-mudahan masakan yang kita buat bisa lebih mantap lagi.

Dengan panduan di atas maka kita sudah tahu bagaimana cara masak pasta yang mudah untuk resep sehari-hari yang bisa kita siapkan di rumah. Jangan lupa juga untuk melihat beberapa rekomendasi masakan lain yang tak kalah lezat dari masakan yang satu ini. Beberapa resep sudah disiapkan dibagian akhir tulisan. Semoga bermanfaat!
0 Komentar untuk "Cara Masak Pasta yang Mudah, Resep Sederhana"

Back To Top