Resep Menu Masakan Gulai Welie Sulawesi Selatan

Entah kenapa hari ini saya ingin sekali mengajak anda wisata kuliner di rumah dengan menyajikan masakan khas sulawesi selatan. Resep menu masakan yang akan kita buat tersebut namanya adalah "gulai welie". Masakan ini merupakan masakan dengan bahan dasar daging ayam yang diolah dengan sedikit santan. Rasa masakan ini cukup lezat dan mantap kok, makanya saya ajak anda semua untuk belajar memasak menu tersebut.



Lezatnya masakan ini benar-benar menyatu dengan daging, apalagi dikombinasikan dengan parutan kelapa sangrai dan bumbu rempah khas nusantara. Menu masakan tersebut bahan dan bumbunya juga tidak banyak dan mudah disiapkan. Selain itu proses pengolahan juga tidak rumit. Saya yakin anda semua penasaran dengan rasa masakan daerah tersebut. Makanya kita belajar resep ini di rumah ya.

Untuk Resep Gulai Welie ini tidak ada catatan kreasi khusus dari saya karena memang saya belum sempat sama sekali mencoba kombinasi resep tersebut. Saat pertama kali mencobanya, masakan ini saya masak menggunakan panduan resep yang ada. Pertama agak sedikit aneh si rasanya karena lidah kami belum terbiasa dengan menu tersebut namun dua kali mencoba kami sudah bisa menikmati dengan lahap sajian tersebut. Sekarang kita langsung saja belajar memasak menu spesial tersebut.

Bahan dan bumbu gulai welie

Kalau dihitung, hanya ada enam bahan yang harus kita siapkan untuk membuat gulai welie ini. Pertama yaitu bahan utama daging ayam. Kemudian kelapa parut yang sudah disangrai, santan kepala dan juga beberapa batang serai. Selain itu tinggal menyiapkan air asam jawa dan juga garam secukupnya. Lebih jelasnya bisa disiapkan semua sesuai daftar berikut!

Bahan
  • 1 ekor ayam, potong-potong atau 10 ptg paha ayam
  • setengah butir kelapa, parut, sangrai
  • setengah butir kelapa dibuat santan kental 300 ml
  • 2 btg serai, memarkan
  • 1 sdm air asam jawa
  • 2 sdt garam

Bumbu halus
  • 6 bh bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 sdm minyak goreng

Bumbu halus yang dibutuhkan pun bahannya tidak banyak, hanya tiga jenis yaitu bawang merah dan bawang putih serta minyak yang untuk menumis. Karena sedikit bumbu maka saya suka masakan ini karena cukup praktis dalam menyiapkan bahan bumbu rempah-nya. Sekarang kita lihat bagaimana proses pengolahan masakan tersebut.

Cara membuat gulai welie

Cara memasak gulai yang satu ini terus terang sedikit berbeda dengan yang biasa kami sajikan. Untuk memasaknya pertama daging ayam kita panggang terlebih dahulu sampai setengah matang. Baru setelah itu daging ayam diolah menjadi gulai seperti biasanya. Selengkapnya bisa dilihat pada langkah berikut!

  1. Panggang ayam sampai setengah matang, sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus dan serai sampai harum.
  3. Masukkan ayam, aduk rata. Tambahkan kelapa sangrai dan santan.
  4. Aduk sampai mendidih. Masukkan air asam jawa dan garam.
  5. Masak sampai matang. Angkat, sajikan dengan nasi hangat.

Bagi yang baru pertama kali mencoba pun masakan ini sangat mudah untuk dibuat. Jadi bagi remaja putri atau lainnya yang ingin belajar masak menu khas dari sulsel tersebut tidak perlu ragu dan takut hasil-nya tidak enak. Namanya masakan gulai pasti enak, kan bahan yang dimasak adalah daging jadi kebanyakan pasti suka, benar tidak? Ya sudah, setelah mencoba resep menu masakan yang satu ini silahkan coba juga beberapa resep lain di bagian bawah. Mudah-mudahan belajar masak kita kali ini menyenangkan ya.
0 Komentar untuk "Resep Menu Masakan Gulai Welie Sulawesi Selatan"

Back To Top