Resep Masakan Enak Sop Bornebun Manado

Sop bornebun menggunakan bahan dasar iga dan tetelan sapi yang ditambah dengan kacang merah. Menurut saya resep ini merupakan salah satu resep masakan enak sop yang layak untuk kita hidangkan di rumah. Rasanya mantap, bahan dan bumbu-nya sedikit serta cara membuatnya yang mudah membuat menu masakan dari Manado ini sering menjadi pilihan keluarga saya. Mau tahu lebih banyak mengenai masakan khas daerah tersebut?



Membuat Sop Khas Manado ini tidak begitu sulit dan bahkan menurut saya sangat mudah. Yang perlu kita lakukan adalah menyiapkan bahan dan bumbunya. Setelah itu bahan direbus sampai lunak kemudian ditambahkan bumbu. Bahan utamanya adalah iga dan tetelan sapi serta sedikit kacang merah. Tidak sulit untuk menyiapkan bahan utama tersebut. Lalu bagaimana dengan bumbu dan proses pengolahan masakan tersebut?

Khusus untuk sop dari Manado ini saya pribadi belum pernah melakukan uji coba atau mencoba resep ini dengan beberapa penyesuaian. Hal ini karena kebanyakan ketika saya memutuskan menghidangkan masakan ini saya ingin mendapatkan sensasi wisata kuliner yang seperti asli dari daerah asalnya. Bagi anda yang ingin mencoba berkreasi bisa saja menggunakan resep berikut.

Catatan kreasi

Sebelum belajar resep ini saya akan sedikit bercerita mengenai kreasi masakan ini. Ya, biasanya setelah mencoba resep baru saya selalu rutin mencoba lagi dengan berbagai perubahan, bisa dikatakan sebagai resep turunan. Kadang bumbu yang saya rubah yaitu sesuai takaran namun kadang pula saya menambahkan bahan - bahan lain agar masakan lebih bervariasi isinya.

Untuk resep sop enak ini sudah beberapa kali saya tidak sempat mencoba yang beda. Pernah sekali saya mencoba resep ini menggunakan bahan tetelan daging kambing. Entah kenapa rasa yang dihasilkan lebih mantap, mungkin karena keluarga dan saya sendiri sangat menyukai daging kambing jadi resep sop ini diganti bahan tetelan kambing lebih pas di lidah. Selain bahan tidak ada perubahan lain, bumbu yang digunakan juga tetap berpedoman pada resep yang ada sehingga memang rasanya tidak jauh berbeda dari yang asli.

Dari beberapa sajian, menurut saya yang membuat masakan ini khas adalah kombinasi bahan dengan kacang merah. Karena, ketika saya membuat tanpa kacang merah rasa sop ini juga kurang begitu kena di lidah. Nah, bagi anda yang ingin mencoba masakan ini mungkin lebih baik mencoba lebih dahulu resep asli manado tersebut agar tahu bagaimana nikmat dan khas-nya kuliner daerah tersebut.

Bahan dan bumbu

Memang tidak banyak bahan dan bumbu untuk masakan ini. Selain bahan utama kita hanya menyiapkan bumbu rempah yang biasa digunakan seperti misalnya bawang, lada, pala dan tambahan daun bawang. Selengkapnya bahan, bumbu serta takaran dari keduanya seperti pada daftar di bawah ini.

Bahan:
  • 0.5 kg iga sapi
  • 0.5 kg tetelan sapi
  • 300 gr kacang merah, kalau bisa cari yang masih segar
  • Daun bawang
  • 8 siung bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • Lada secukupnya
  • Garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • 1 butir biji pala

Benar bukan, tidak banyak yang harus disiapkan. Jadi tidak ada alasan bagi kita untuk malas mencoba membuat masakan ini. Apalagi mengingat masakan ini merupakan salah satu resep masakan enak khas nusantara yang pasti tidak ingin dilewatkan. Sekarang kita lihat bagaimana langkah untuk mengolah menu spesial tersebut.

Cara membuat sop bornebun

Di atas pada bagian awal telah dikatakan bahwa untuk mengolah masakan ini tidak sulit. Berikut anda akan membuktikan dengan melihat bagaimana langkah demi langkah dalam proses memasak sop tersebut. Mulai dari menyiapkan bahan dan bumbu, menyiapkan peralatan dapur yang di butuhkan kemudian mulai memasak. Langkahnya sebagai berikut!

  1. Rebus air sampai mendidih. masukkan potongan daging. masak hingga daging cukup empuk (30 menit). Masukkan kacang merah, rebus lagi hingga kacang empuk
  2. Haluskkan bawang merah, bawang putih, lada dan pala, masukkan dalam rebusan kacang dan daging, aduk rata.
  3. Tambahkan garam dan gula, masak hingga daging dan kacang benar-benar empuk.
  4. Setelah empuk, masukkan potongan bawang daun.
  5. Angkat, sajikan hangat. Selamat mencoba.

Saya yakin, dengan mempelajari resep dan panduan cara masak ini bahkan yang belum pintar memasak pun pasti bisa untuk mencoba sendiri di rumah. Kalau masalah rasa kita bisa memanfaatkan takaran bumbu di atas untuk menetapkan dasar komposisi bumbu yang diperlukan. Dengan begitu jika dirasa kurang sesuai kita akan lebih mudah untuk melakukan perubahan pada jumlah bahan bumbu yang digunakan. 
0 Komentar untuk "Resep Masakan Enak Sop Bornebun Manado"

Back To Top