Resep Ayam Pop yang Mudah, Masakan Lezat Enak

Resep Ayam Pop yang Mudah, Masakan Lezat Enak - Masakan ayam pop bisa jadi solusi loh. Kita kan tahu, daging ayam merupakan bahan yang paling sering digunakan makanya untuk menghindari rasa bosan sebaiknya kita memiliki banyak resep untuk mengolah bahan tersebut. Salah satu yang bisa kita gunakan adalah resep ayam pop yang proses pembuatan-nya cukup mudah sekali.

Dari segi rasa, masakan ini memiliki rasa yang cukup nikmat dengan bumbu yang meresap dan tekstur daging yang empuk. Makanya saya sendiri seringkali menyajikan menu daging ayam ini sebagai alternatif hidangan untuk keluarga. Tidak begitu sering memang namun menu masakan lezat dan enak ini selalu saja diterima seluruh keluarga dan selalu dirindukan. 


Resep Ayam Pop yang Mudah, Masakan Lezat Enak
Ayam Pop

Keistimewaan bukan hanya pada rasanya saja melainkan dari proses pengolahan. Resep Ayam Pop ini cukup mudah dibuat bahkan untuk yang belum pandai memasak sekalipun. Bahan utama dari masakan ini adalah daging ayam. Sementara bumbu yang digunakan sebagaimana bumbu masakan daging yang biasa kita gunakan.

Bahan dan bumbu

Masakan ayam ini menggunakan bahan dasar ayam buras. Selain itu ada bahan yang berupa rempah bumbu seperti misalnya bawang, jeruk nipis, dan juga air kelapa. Bumbu halusnya tidak berbeda dengan bahan bumbu lain mulai dari cabai dan juga bawang. Kita juga menggunakan tomat dan juga petai untuk masakan ini. Mau mencoba resep ayam pop yang mudah, enak dan lezat tersebut?

Bahan: 
  • 1 ekor ayam buras tanpa kepala dan ceker, potong 4 bagian
  • 4 siung bawang putih, parut
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 300 ml air kelapa
  • minyak sayur

Sambal: 
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 4 sdm air panas
  • Sambal: Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan air, aduk hingga mendidih.

Lihat, bahan - bahan yang diperlukan tidak banyak bukan? Ya, daging ayam, bawang parut, garam dan juga air jeruk nipis. Tambahannya ada air kelapa dan juga minyak sayur. Selain itu bumbu halus untuk masakan ini bisa disiapkan sesuai yang ada di bawah ini.

Bumbu halus: 
  • 10 buah cabai merah, rebus
  • 12 butir bawang merah, rebus
  • 200 g tomat merah, rebus
  • 10 mata petai, rebus
  • 1 sdt garam

Masakan ini selain menggunakan bahan dan bumbu seperti biasa juga menggunakan bahan tambahan untuk membuat sambal. Jadi selain bahan dasar dan bumbu halus kita juga menyiapkan untuk bahan tersebut. Secara umum bahan dan bumbu masak di atas biasanya sudah tersedia di dapur kita kecuali untuk daging ikan burasnya. Makanya kita tidak akan perlu repot jika ingin membuat menu masakan spesial tersebut.

Kalau proses memasak atau proses pengolahan daging ayam buras ini menjadi masakan ayam pop tidaklah sulit. Bahkan untuk yang masih belajar memasak sekalipun dengan panduan resep ini tidak akan kesulitan dalam memasaknya. Supaya lebih jelas, langkah-langkah pengolahan masakan ini yaitu sebagai berikut.
  1. Lumuri potongan ayam dengan bawang putih, garam, dan air jeruk nipis. Diamkan selama lebih kurang 1 jam agar meresap.
  2. Didihkan air kelapa, masukkan ayam berikut bumbu perendamnya. Masak hingga ayam empuk dan kuah habis. Angkat ayam.
  3. Panaskan minyak di atas api sedang. Goreng ayam sebentar, angkat dan tiriskan.
  4. Sajikan panas dengan sambal dan daun singkong rebus untuk 4 orang

Yang menarik untuk menu ini adalah daging ayam akan kita masak dengan menggunakan air kelapa. Bisa dibayangkan sendiri bagaimana cita rasa yang dihasilkan oleh masakan ini. Rasa yang menyatu dan khas benar-benar kental dalam masakan ayam goreng tersebut. Bagi penggemar olahan daging ayam pastinya harus ikut mencoba masakan ini.
0 Komentar untuk "Resep Ayam Pop yang Mudah, Masakan Lezat Enak"

Back To Top