Resep Palumara Makassar, Masakan Enak, Lezat dan Mudah dibuat

Kalau beli ikan bandeng biasanya saya buat untuk Resep Palumara Makassar yang enak dan lezat. Alasannya tentu karena keluarga banyak yang suka dengan menu seperti ini. Dengan kuah yang kental rasa bumbu sampai meresap ke daging ikan, masakan ini menjadi salah satu masakan yang sering dinanti oleh keluarga di rumah. Maka dari itu saya ingin mengajak anda untuk coba menyajikan masakan khas daerah tersebut.



Resep masakan ini sebenarnya bisa saja digunakan untuk memasak jenis ikan lain. Seperti misalnya saya kadang juga membuatnya dengan bahan ikan berbeda seperti ikan mas atau ikan mujair. Masakan palumara bandeng ini sendiri menggunakan bahan dasar ikan bandeng. Selain itu bahan tambahannya berupa bumbu rempah yang biasa digunakan dalam masakan kuah. Masakan terkenal ini juga memiliki beberapa variasi yang juga tak kalah enak yaitu antara lain sebagai berikut!

1) Resep masakan makassar palumara
2) Resep palumara ikan tongkol
3) Resep palumara ikan layang
4) Resep palumara ikan patin
5) Resep palumara daging
6) Resep palumara ikan bandeng
7) Resep palumara kepala ikan kakap
8) Resep palumara tuna

Untuk mengolah masakan ini tidaklah sulit, menurut saya hampir sama saja dengan mengolah menu ikan pindang. Bagi yang ingin mencoba memasak masakan ini di rumah bisa menggunakan panduan pada resep yang akan diberikan. Tinggal kita siapkan bahan dan bumbunya lalu kita mulai memasak dengan panduan yang ada.

Bahan dan bumbu

Bahan-bahan yang diperlukan untuk masakan ini tidak mudah. Masakan yang enak, lezat dan mudah dibuat tersebut menggunakan bahan dasar ikan bandeng. Selain itu bahan juga ditambah dengan beberapa tambahan misalnya saja buah keluwak. Yang ingin belajar memasak menu ini bisa menyiapkan semua bahan dan bumbu tersebut seperti pada daftar di bawah.

Bahan:
  • 2 ekor ikan bandeng
  • bubuk merica 1 sdt
  • air asam jawa 2 sdm
  • garam 1/2 sdt
  • minyak untuk menumis 3 sdm
  • keluwak 3 buah, ambil dagingnya, rendam air panas, haluskan

Bumbu yang diiris:
  • air 500 ml
  • kunyit 3 cm
  • lengkuas 2 cm
  • cabai merah 3 buah
  • bawang merah 8 butir
  • bawang putih 3 siung
  • serai 2 batang, ambil bagian putih
  • daun jeruk purut 5 lembar, remas-remas
Bumbunya tidak jauh beda kok, ada kunyit, lengkuas, cabai merah, bawang merah dan putih serta beberapa batang serai. Jangan lupa juga untuk menyiapkan beberapa lembar daun jeruk purut. Kalau semua sudah siap maka tinggal mulai mempelajari bagaimana proses pengolahan masakan tersebut.

Cara Membuat Palumara Makassar

Tidak sulit, bumbu - bumbu yang sudah disiapkan lalu ditumis. Setelah itu ikan dimasukkan dan di masak sampai matang. Hanya seperti itu saja kok, lebih jelasnya bisa kita lihat bagaimana langkah demi langkah dalam proses pengolahan sebagai berikut!
  1. Pertama, panaskan minyak goreng dalam wajan sedikit saja untuk menumis. Lalu tumis bumbu bersama dengan daun jeruk hingga bumbu layu dan mengeluarkan aroma yang harum.
  2. Setelah itu, masukkan ikan kedalamnya dan tumis hingga ikan dan bumbu tercampur merata.
  3. Tuangkan air bersama dengan kunyit dan juga merica bubuk dan sedikit garam untuk menambah rasa. Masak dan aduk-aduk hingga bumbu dan ikan tercampur. Masak juga hingga bumbu meresap pada ikan secara merata.
  4. Setelah ikan matang, silahkan angkat
  5. Untuk 4 Porsi

Masakan ini memang merupakan salah satu masakan yang cukup terkenal. Makanya kita tidak mau ketinggalan untuk ikut mencoba resep palumara makassar tersebut. Kalau sudah selesai mencoba masakan ini kita bisa kreasi masakan dengan menambah atau mengurangi bahan dan bumbu agar lebih sesuai dengan selera kita masing-masing. 
0 Komentar untuk "Resep Palumara Makassar, Masakan Enak, Lezat dan Mudah dibuat"

Back To Top