Resep Masakan Enak Kerang Masak Semboko NTT

Masih mau mencoba resep masakan enak lagi tidak? Kalau mau kali ini kita akan belajar untuk membuat satu menu spesial dari Nusa Tenggara Timur yang bernama "kerang masak semboko". Pasti tahu kan dari namanya saja bisa dipastikan bahwa makanan ini menggunakan bahan dasar kerang. Ya iya, sesuai namanya dan yang terpenting makanan atau masakan ini menurut saya cukup nikmat dan wajib di coba di masak sendiri di rumah.

Entah sesuai atau tidak dengan selera dan lidah kita, yang pasti kalau kita tidak mencoba maka kita tidak akan tahu bagaimana nikmat masakan tersebut. Kalau menurut saya pribadi masakan ini cukup pas di lidah saya dan keluarga. Buktinya ketika pertama kali mencoba masakan ini keluarga saya sangat senang. Makanya saya ingin berbagi masakan enak tersebut bersama-sama di sini. Siapa yang mau belajar Resep Kerang Masak Semboko NTT tersebut?



Yang saya suka, masakan daerah NTT ini tidak membutuhkan banyak bahan dan bumbu yang digunakan juga tidak terlalu banyak. Selain itu bahan dan bumbu juga cukup mudah disediakan. Kecuali untuk kerang merah karena saya sedikit mengalami kesulitan untuk mendapatkannya. Lain dari pada itu proses pengolahan bahan dasar menjadi masakan ini tidak sulit dan bisa kita pelajari dengan cepat. Kalau tidak percaya bisa mempelajari resep ini sampai akhir.

Catatan kreasi

Masakan ini sebenarnya bisa dikreasikan atau resepnya bisa diterapkan untuk mengolah bahan lain yang serupa dengan kerang merah. Saya sendiri pernah menggunakan resep turunan dari masakan ini untuk mengolah bahan lain yaitu keong sawah. Keong sawah juga bisa diolah menggunakan resep ini namun tentunya harus disesuaikan lebih jauh.

Itu hanya satu contoh saja bahan yang dapat digunakan dengan model resep khas nusa tenggara timur tersebut. Pada akhirnya tentu saja semua tergantung dengan siapa yang akan memasak dan siapa yang akan memakan menu tersebut.

Kalau masalah masakan memang tidak ada patokan khusus harus ini dan harus itu. Yang terpenting adalah bagaimana kita berkreasi dan menciptakan sebuah olahan yang lezat, enak dan disukai oleh seluruh anggota keluarga di rumah. Jika anda juga ingin mencoba resep ini dengan bahan lain tentu saja boleh yang penting disesuaikan agar rasa masakan bisa mantap.

Bahan dan bumbu

Masakan dari NTT ini menggunakan bahan daging kerang merah dengan kombinasi beberapa bahan bumbu seperti air jeruk nipis, daun kemangi dan juga belimbing sayur. Kemudian kita juga tentunya menggunakan cabe. Cabe atau cabai yang kita gunakan adalah cabai hijau yang nantinya akan kita iris-iris.

Kalau bumbu tidak jauh berbeda, kita menggunakan bawang, kunyit, cabai, dan juga kemiri. Tidak banyak bumbu yang kita haluskan jadi kita bisa lebih cepat dalam menyiapkan masakan ini. Bahan dan bumbu tersebut bisa disiapkan sesuai daftar di bawah ini.

Bahan:
  • 500 gr daging kerang merah
  • 3 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 10 gr daun kemangi
  • 6 bh belimbing sayur
  • 3 bh cabai hijau, iris serong
  • Minyak untuk menumis

Haluskan:
  • 5 bh bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 bh cabai merah
  • 5 bh cabai rawit hijau
  • 1 cm kunyit
  • 2 btr kemiri
  • garam secukupnya

Ya, bahan yang kita olah dalam resep masakan enak ini adalah kerang merah atau yang sering juga disebut kerang darah. Tidak usah kita bahas lebih lanjut mengenai daerah asal kerang merah atau harga kerang merah di pasaran. Yang jelas, kalau kita bisa mendapatkan kerang merah baik di pasar atau supermarket maka kita bisa membuat menu khas ini dan kalau tidak maka kita tentu tidak bisa membuat kerang masak semboko tersebut.

Tapi kalau mau, kita juga tentu bisa menggunakan resep ini untuk mengolah jenis kerang lain yang lebih mudah dicari di daerah kita. Yang penting adalah kita bisa menyajikan menu masakan yang bervariasi, enak dan tidak membosankan.

Cara membuat 

Masakan ini diolah dengan cara di tumis. Jadi tidak sulit untuk menyajikan masakan ini di rumah. Pertama-tama daging kerang yang akan kita olah kita campur terlebih dahulu dengan air jeruk dan didiamkan selama beberapa menit agar meresap. Setelah itu baru daging kerang tersebut bisa kita olah. Bagaimana langkah memasak masakan ini, berikut penjelasan lengkapnya.
  1. Campur kerang dengan air jeruk nipis.
  2. Diamkan hingga 20 menit, sisihkan.
  3. Panaskan minyak.
  4. Tumis bumbu halus, daun kemangi, belimbing sayur dan cabai hijau hingga harum dan layu.
  5. Masukkan kerang, aduk rata.
  6. Masak hingga kerang matang dan bumbu meresap, angkat. Sajikan dengan Nasi hangat.

Adanya resep kerang masak semboko ini tentu akan menjadi pilihan bagi kita yang hobi dengan masakan jenis ini. Dengan begitu, kita akan memiliki lebih banyak koleksi untuk berbagai masakan enak dari resep yang sudah kita coba sebelumnya. Dijamin, seluruh anggota keluarga di rumah tidak akan bosan menyantap hidangan yang kita berikan. 
0 Komentar untuk "Resep Masakan Enak Kerang Masak Semboko NTT"

Back To Top