Resep Masakan Enak, Gecak Sape NTB

Namanya juga lidah, tiap hari kalau bisa menyantap masakan enak. Maka dari itu kali ini saya juga akan memilih satu resep spesial resep masakan enak yaitu makanan dari nusa tenggara barat yang bernama "gecak sape". Masakan yang ini sangat berkesan di keluarga kami, rasanya yang kental dengan bumbu rempah membuat saya juga sangat menikmati.

Gecak Sape NTB adalah masakan asli dari Nusa Tenggara Barat. Rasa masakan khas daerah ini menurut saya sangat mantap, lezat dan gurih. Perpaduan bahan dan bumbu rempah yang digunakan memang benar-benar memberikan cita rasa yang berbeda di banding olahan lain yang sering saya sajikan untuk keluarga. Maka wajar jika saya menyebutnya dengan sebutan masakan enak dan lezat.


Gecak Sape NTB
Resep Masakan Enak, Gecak Sape


Tanpa belajar memasak sendiri di rumah tentu saja kita tidak akan tahu bagaimana masakan ini. Gecak Sape NTB ini dalam pengolahannya menggunakan bahan dasar tetelan daging sapi serta jeroan sapi. Bahan-bahan tersebut kemudian di padu dengan kombinasi berbagai bumbu rempah nusantara yang menjadikannya lezat dan nikmat. Untuk membuatnya pun tidaklah sulit, kita bisa mencobanya dengan mengikuti panduan pada resep masakan enak gecak sape yang akan diberikan di sini.

Catatan kreasi

Masakan gecak sape ini adalah jenis masakan santan kuah kental yang tidak berbeda jauh dengan menu-menu daging yang biasa diolah kebanyakan orang. Yang membuat unik masakan ini adalah kombinasi campuran serta bumbu yang digunakan. Misalnya saja dalam masakan ini kita menggunakan tambahan belimbing sayur.

Dilihat dari bahan dan bumbunya, resep masakan enak ini tentu memenuhi syarat untuk dijadikan resep dasar dalam mengolah bahan serupa lainnya. Hal ini mengingat keragaman bumbu yang membuat rasa masakan menjadi lebih khas dan mantap. Untuk kreasi, saya tidak melakukan kreasi masakan untuk menu ini karena belum ada ide masakan lain yang ingin dicoba.

Bagi anda yang ingin berkreasi mungkin bisa dengan melihat bahan dan bumbu yang digunakan dalam masakan tersebut. Menurut saya, resep ini bisa dijadikan acuan dalam mengolah bahan daging yang sejenis ini sehingga menghasilkan masakan yang sesuai. 

Bahan dan bumbu

Bahan utama dari masakan ini adalah tetelan dan beberapa jenis jeroan sapi yaitu antara lain hati sapi, limpa dan juga babat. Selain bahan tersebut masakan ini juga dipadu dengan berbagai bahan bumbu lain yang diolah menjadi satu. Bahan bumbu yang digunakan misalnya wijen, merica, cengkeh dan beberapa bahan bumbu rempah lain.

Kita juga menggunakan beberapa bumbu lain misalnya bawang merah, belimbing sayur dan air jeruk juga dibutuhkan. Untuk bumbu halusnya sendiri tidak banyak yaitu terdiri dari kemiri dan juga cabai merah. Bagaimana, mau mencoba memasak gecap sape tersebut? Kalau mau mencoba memasak masakan ini mari siapkan bahan dan bumbu seperti yang tertera pada daftar berikut!

Bahan:

  • 300 gram tetelan, potong-potong, rebus sampai matang
  • 200 gram babat sapi, rebus, potong-potong
  • 200 gram hati sapi, rebus, potong-potong
  • 250 gram limpa sapi, rebus, potong-potong
  • 50 gram kelapa parut, sangrai sampai kecokelatan, haluskan
  • 8 btr bawang merah, iris tipis
  • 50 gram wijen
  • 3 lbr daun jeruk, buang tulang daunnya, iris halus
  • merica bubuk secukupnya
  • 4 bh belimbing sayur, iris tipis
  • air jeruk limau secukupnya
  • garam secukupnya
  • gula merah secukupnya
  • cengkeh bubuk secukupnya
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 750 ml kaldu
  • 400 ml santan dari
  • 3 sdm minyak goring
  • 5 sdm bawang goreng untuk menyajikan

Bumbu Halus:
  • 4 btr kemiri
  • 5 bh cabai merah

Dapat kita lihat dari daftar di atas masakan ini juga menggunakan bahan lainnya juga seperti kelapa parut yang di sangrai. Memang secara keseluruhan masakan ini membutuhkan bahan bumbu yang lumayan banyak. Namun dari situ-lah rasa masakan ini menjadi sangat khas dan lekat di lidah kita. Tentu saja akan rugi jika kita tidak sempat mencicipi bagaimana rasa masakan tersebut.

Ada beberapa bahan atau bumbu khas yang membuat rasa masakan ini spesial yaitu mulai dari air jeruk limau, belimbing sayur, wijen, dan juga kelapa parut. Memang, kalau kita sering masak masakan yang seperti ini beberapa bahan dan bumbu tersebut sudah tidak asing dan memang sudah sering kita gunakan. Ya sudah, sekarang kita lihat terlebih dahulu bagaimana proses pengolahan resep masakan enak tersebut.

Cara membuat

Kalau berbicara mengenai pengolahan saya rasa tidak ada yang sulit. Langkah pertamanya hanya menyiapkan bumbu halus, tumis bumbu halus kemudian ditambahkan dengan berbagai bahan dan bumbu lain. Setelah itu kita tambahkan bahan utama ke dalam tumisan. Diaduk dan di masak sampai matang dan kuah sedikit mengental. Supaya lebih jelas bisa kita ikuti saja langkah-langkah memasak yang ada di bawah ini.

  1. Tumis bumbu halus dan bawang merah iris sampai harum.
  2. Tuang kaldu, didihkan, masukkan cengkeh bubuk, kelapa sangrai parut, merica, wijen, daun jeruk, lengkuas, garam dan gula, aduk, masak sampai mendidih.
  3. Tuang santan, tambahkan tetelan, jerohan, air jeruk limau, belimbing sayur, . aduk, masak hingga kuah agak kental.
  4. Angkat, sajikan dengan bawang goreng. 

Benar tidak sulit bukan? Ya kalau dilihat dari sisi pembuat atau yang masak maka kesulitan untuk mengolah makanan ini lebih pada saat menyiapkan berbagai bumbu yang dibutuhkan karena bumbu-nya lumayan banyak. Saat memasak cenderung lebih mudah karena tinggal dimasak berdasarkan langkah yang sudah dijelaskan di atas.

Dengan mencoba satu resep masakan enak gecak cape tersebut maka kita memiliki lebih banyak koleksi resep yang bisa disajikan untuk keluarga di rumah. Resep ini tentunya bisa menjadi pilihan ketika kita hendak mengolah bahan jeroan sapi karena resep ini merupakan resep untuk bahan dasar tersebut. Jadi semakin banyak yang bisa disajikan, benar bukan?
0 Komentar untuk "Resep Masakan Enak, Gecak Sape NTB"

Back To Top