Cemilan Bakwan Jagung Enak, Teman Santai Nonton Sinetron

Cuaca sedang tidak mendukung, padahal niatnya mau santai malam nanti sambil nonton sinetron kesukaan dan menyantap cemilan enak. Mau keluar rumah tak mungkin jadi ya disiapkan saja cemilan bakwan jagung. Biasa ya, kalau lagi nonton sinetron di tv kan biasanya tegang dan serius nah kalau lagi sponsor pada bengong makanya harus ada cemilan. Jadi siapa yang mau ikutan belajar makanan ringan ini?

Bakwan jagung ini enak loh, gurih, renyah dan ada manis-manis gitu, sehat lagi. Makanya dari pada bosan makan gorengan yang biasa-biasa saja lebih baik kita berkreasi membuat hidangan sore untuk teman santai di rumah. Dimakan selagi hangat pasti enak, yummy deh pokoknya. Belum pernah buat yang seperti ini ya? Tenang nanti kita coba bersama-sama bareng saya aja.


Bakwan Jagung Enak

Sebenarnya Resep Bakwan Jagung ini sudah cukup terkenal kok, apalagi untuk yang suka berkreasi dengan masakan. Orang-orang juga sudah banyak yang sering menyajikannya untuk keluarga di rumah. Aduh, makin penasaran deh yang belum pernah buat sendiri?

Catatan kreasi saya

Ketika membuat cemilan atau jajanan bakwan seperti ini saya biasanya akan menambahkan berbagai bahan lain agar isi dari bakwan lebih bervariasi. Untuk resep bakwan jagung yang ini saya menambahkan beberapa jenis sayuran dengan warna yang berbeda. Pertama saya menambahkan sayuran yang berwarna hijau, dalam hal ini saya pernah berkreasi dengan menambahkan daun kangkung sebagai tambahan bahan pembuat bakwan.

Hasilnya bakwan yang saya buat memiliki tekstur yang lebih berserat karena di dalamnya selain jagung yang teksturnya sedikit kasar ada tekstur daun yang lebih lembut tapi memanjang. Ditambah dengan daun kangkung tekstur adonan juga lebih menyatu dan warna bakwan juga lebih bervariasi. Selain menambahkan bahan dari daun sayuran saya juga menambahkan sedikit irisan wortel untuk menambah warna dan juga kandungan manfaatnya.

Karena saya menambahkan bahan lain dengan porsi yang cukup kecil maka dari segi rasa tidak ada pengaruhnya, rasa bakwan jagung tetap enak, gurih dan mantap sesuai resep asli. Bagi anda yang juga ingin belajar membuat bakwan dengan isian yang berbeda maka bisa meniru langkah saya untuk uji coba. Jangan lupa, untuk menghasilkan makanan dari resep turunan perlu dipertimbangkan dengan baik mengenai bahan dan jumlah takaran yang digunakan. 

Bahan bakwan Jagung

Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat cemilan ini? Tentu saja bahan utamanya jagung tapi jagung yang seperti apa ya? Bakwan jagung ini dibuat dengan menggunakan bahan utama jagung muda yaitu jagung manis. Selain itu cemilan ini juga menggunakan bahan tambahan lain yaitu udang segar. Nah, dari pada lama-lama lebih baik langsung kita siapkan saja bahan-bahan tersebut.

Bahan
  • Jagung manis segar 5-6 buah.
  • Tepung terigu 4 sendok makan.
  • Bawang merah 1 siung.
  • Kemiri 1 siung.
  • Telur ayam 1 butir
  • Bawang putih 4 siung.
  • Ketumbar ¼ sendok teh.
  • Cabai merah 3-4 buah, iris tipis.
  • Udang segar 100 gram (bila tidak suka udang, boleh dihilangkan).
  •  Daun bawang 1 batang, iris tipis.
  • Seledri secukupnya.
  • Garam dan minyak goreng secukupnya.

Tidak usah kaget ya, untuk bakwan ini memang bahannya sedikit beda dengan bakwan yang dijual tukang gorengan di pinggir jalan. Selain itu karena dibuat di rumah untuk keluarga sendiri ya kita pilihkan bahan-bahan yang berkualitas dong, benar bukan? Ya sudah, sekarang kita lanjut ke proses pengolahan.

Cara membuat cemilan bakwan jagung

Hampir sama saja dengan membuat bakwan yang biasanya. Langkahnya yaitu membuat adonan bakwan terlebih dahulu baru setelah itu digoreng. Jadi ya tidak sulit bukan? Ya pokoknya gitu deh, tidak terlalu ribet jadi yang belum pernah mencoba membuat di rumah tidak perlu takut karena sekali juga nanti pasti bisa.

Yang mungkin perlu diingat ketika membuat bakwan ini adalah masalah adonan bakwan. Dalam membuat adonan usahakan adonan jangan terlalu encer. Jika terlalu encer maka akan luber ketika digoreng. Selain itu juga akan lengket di wajan. Ya sudah, kita mulai saja membuat bakwan dengan mengikuti langkah berikut.
  1. Serut bulir jagung sehingga terlepas dari bonggolnya
  2. Tumbuk bulir jagung, jangan terlalu lembut
  3. Masukkan bawang putih halus, bawang merah halus, daun seledri (kalau pakai), ketumbar halus, daging udang (kalau pakai) dan kemiri yang sudah dihaluskan
  4. Aduk dan campur dengan jagung sampai semua bahan tercampur rata
  5. Masukkan tepung terigu dan aduk lagi sampai adonan tercampur rata
  6. Tambahkan garam secukupnya, aduk, beri air secukupnya
  7. Masukkan telur ke dalam adonan. Aduk sampai semua bagian terendam dengan telur
  8. Panaskan minyak secukupnya. Ambil adonan secukupnya dan goreng dengan api kecil sedang sampai matang dan berwarna kuning keemasan.
  9. Sajikan selagi hangat

Cuma membuat bakwan saja ribet ya, ya namanya juga usaha. Kan kita ingin membuat sesuatu yang beda agar tidak bosan dalam menyantap cemilan atau makanan ringan tersebut. Sekarang, dengan kita belajar membuat bakwan jagung enak tersebut kita sudah punya pilihan  aneka bakwan yang cantik dan enak untuk disantap.
0 Komentar untuk "Cemilan Bakwan Jagung Enak, Teman Santai Nonton Sinetron"

Back To Top