Resep Minuman Es Puding Tape Segar

Saat cuaca panas, resep minuman menjadi pilihan tentunya. Minuman yang terkenal salah satunya adalah es puding tape segar yang bisa dibuat dengan berbagai variasi dan kombinasi. Saya kali ini juga ingin mengajak anda untuk mencoba minuman es tersebut. Alasannya selain karena rasanya yang mantap, minuman ini juga sangat menyegarkan tubuh. Bisa disajikan di hari-hari biasa atau juga sangat cocok untuk kudapan berbuka puasa.

Resep Minuman Es Puding Tape Segar

Namanya juga minuman es puding tape, jadi ya jelas saja bahan utama es tersebut adalah puding dengan kombinasi es yang menyegarkan tubuh. Kalau menurut saya rasanya mantap dan wajib di coba. Puding-nya sendiri terbuat dari agar-agar dan kombinasi tape ketan, pokoknya mantap deh. Membuatnya juga tidak sulit sama sekali, jadi kenapa tidak ikutan saya belajar membuatnya sekarang?

Catatan kreasi
Seperti biasa, sebelum anda semua mencoba membuat resep minuman ini saya akan menceritakan sedikit mengenai catatan kreasi yang pernah di coba. Dalam membuat minuman es tape seperti ini saya pernah membuatnya dengan beberapa perubahan atau kreasi. Tujuannya agar ada lebih banyak variasi sesuai dengan bahan utama yang digunakan.

Untuk minuman es ini saya sesekali mengganti bahan yang digunakan terutama bahan sirup yang digunakan. Kadang saya menggunakan sirup yang rasanya berbeda dan kadang pula saya memilih sirup dengan warna lain. Itu untuk memperkaya rasa dan juga untuk mempercantik tampilan minuman. Bahkan sering juga saya mengganti bahan utama agar-agar dengan agar-agar yang berbeda agar menghasilkan nuansa baru dalam minuman yang dibuat.

Jenis minuman seperti ini memang paling banyak dikreasi dalam penyajiannya karena memang jenis resep ini bisa dibuat turunan yang akan memperkaya hasil akhirnya. Bagi yang belum pernah merasakan segar dan nikmat minuman ini lebih baik dicoba terlebih dahulu. Baru setelah itu jika memang suka bisa berkreasi dengan beberapa penyesuaian yang diinginkan.

Bahan dan isi
Ya kalau bahan yang dibutuhkan yang utama ya hanya dua bahan tersebut yaitu agar-agar dan tape ketan. Tapi selain itu tentu ada bahan lain yang dibutuhkan misalnya saja air bersih dan juga gula pasir. Selain itu kita juga harus menyiapkan beberapa bahan isi mulai dari kelapa muda, santan dan juga minuman sirup. Kita juga perlu menyiapkan susu kental dan es serut untuk bahan isi. Selengkapnya bahan dan isi bisa kita siapkan seperti pada daftar berikut.

Bahan:
  • 1 bungkus agar-agar bubuk hijau
  • 600 ml air
  • 150 gram gula pasir
  • 300 gram tape ketan hijau

Isi:
  • 1 buah kelapa muda
  • 200 ml santan kental
  • Sirup merah
  • Susu kental manis warna putih
  • Es serut secukupnya

Tidak banyak yang kita butuhkan untuk membuat minuman ini bukan? Bahan dan isi minuman es tersebut sudah kita siapkan sesuai daftar, sekarang tinggal kita pelajari bagaimana langkah atau cara membuat minuman es puding tape segar tersebut. Baru setelah itu kita mulai menyiapkannya sendiri di rumah.

Langkah dan cara membuat 
Sudah-sudah tidak usah panik atau takut, namanya cuma membuat es kok, tidak akan sulit meski kita belum pernah sekalipun membuatnya sendiri. Benar, sama sekali tidak sulit untuk bisa menyajikan minuman lezat dan segar tersebut. Kalau sudah siap semua bahan yang dibutuhkan tinggal mulai menyiapkan sesuai dengan langkah - langkah berikut ini.
  1. Didihkan air, masukkan agar-agar. Aduk rata dan beri gula pasir.
  2. Setelah mendidih, masukkan tape, aduk rata dan masak sebentar.
  3. Tuang ke loyang, hilangkan uap panas dan masukkan dalam lemari pendingin.
  4. Setelah dingin, potong bentuk dadu dan tuangkan ke dalam gelas. 
  5. Tambahkan kelapa muda dan santan atau susu.
  6. Beri es serut, tambahkan susu kental manis dan sirup merah. 
  7. Hias dengan daun pandan dan sajikan. 

Benarkan tidak sulit? Ya iyalah, namanya juga membuat es ya hanya seperti itu saja. Tapi, dengan resep minuman es puding tape ini kita sudah mendapatkan satu tambahan menu minuman segar yang bisa kita sajikan di kala cuaca yang terik dan panas. 

Tapi jangan lupa ya, resep minuman ini bukan satu-satunya resep yang bisa kita coba. Masih banyak resep minuman lain yang juga tak kalah segar dan enak. Jika berminat bisa mencoba juga beberapa pilihan menu minuman yang sudah disiapkan di bagian akhir tulisan ini. Tinggal dipelajari saja bagaimana resepnya, setelah itu tinggal di coba di rumah. 
0 Komentar untuk "Resep Minuman Es Puding Tape Segar"

Back To Top