Belajar Membuat Puding Kopyor, Resep Puding Istimewa

Kebetulan hari ini lagi ingin menikmati sebuah santapan segar jadi ya dipilih saja puding kopyor. Dari namanya pasti bisa menebak bahwa puding yang satu ini jelas menggunakan kelapa kopyor. Benar memang, puding ini menggunakan bahan-bahan seperti kelapa kopyor, sirup dan juga santan. Bagi yang penasaran dan ingin mencoba resep puding ini bisa mengikuti saya belajar membuatnya sendiri.

Puding kan memang banyak disukai baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Makanya kali ini menyelingi berbagai aktivitas kita untuk belajar memasak tak salah kita belajar juga untuk mencoba membuat aneka resep pusing yang enak dan segar. Sebenarnya banyak jenis puding lain yang tak kalah dengan yang ini namun kebetulan saja kita mau membuat yang puding kopyor tersebut. Lain waktu tentunya masih bisa kita coba lagi yang lain.

Membuat Puding Kopyor
Biasanya sih kalau membuat menu-menu semacam ini caranya tidak begitu sulit. Benar kok, untuk resep puding ini juga cara membuatnya tidaklah sulit. Tapi karena kita masih belajar dan baru pertama kali mencobanya jadi ya tetap harus bersabar dan pelan-pelan. Kalau saya sendiri sih yang penting belajar, masalah hasilnya nanti saja pasti enak dengan sendirinya, benar tidak? Ya sudah sekarang kita siapkan langsung saja ya bahan-bahannya.

Bahan puding kopyor

Bahan utama sesuai dengan namanya yaitu kepala kopyor. Namun ada bahan lain karena kita akan membuat puding. Bahan lainnya antara lain kita menggunakan sirup dan juga telur. Selain itu kita juga membutuhkan santan dan pastinya agar-agar juga.

Selain bahan untuk pembuatan pudingnya kita juga harus menyiapkan bahan untuk vla. Kedua bahan tersebut sudah ditulis lengkap sesuai daftar yang ada di bawah ini. Yuk kita siapkan langsung!

Bahan puding kopyor
  • 300 cc sirup
  • 6 btr telur di kocok sampai putih
  • 750 cc santan
  • 1 putih telur di kocok sampai kaku
  • 3 bks agar-agar bubuk putih
  • 350 cc kelapa kopyor yang sudah diblender (dari 1 btr kelapa dicampur dengan 125 cc air)
Bahan Vla
  • 75 gr gula pasir
  • 600 cc susu
  • 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
  • Rhum secukupnya
  • 3 btr kuning telur
  • 1 sdt vanili

Kelapa kopyor adalah buah kepala yang tidak normal pertumbuhan daging buahnya. Perlu diingat bahwa bahan utama dari puding yang satu ini yaitu kepala kopyor memang sedikit sulit untuk disiapkan. Kita tidak bisa setiap saat menemukan kepala yang seperti ini. Maka solusinya memang kita bisa memesan atau membeli kelapa tersebut dari pedagang khusus kelapa kopyor.

Sudah ya, semua bahan yang kita butuhkan sudah kita siapkan sesuai takaran. Sekarang kita tinggal melangkah ke pengolahan bahan tersebut. Lebih jelas bagaimana proses pembuatan puding kopyor tersebut seperti di jelaskan di bawah ini.

Cara membuat puding kopyor

Cara membuat puding kopyor tidaklah sulit, hanya beberapa langkah saja dan pastinya bisa diikuti dengan baik. Pertama kita pastikan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan apakah sudah siap semua atau belum. Jika sudah lengkap bahannya kita bisa mulai ke proses membuat menu puding tersebut. Caranya bagaimana, mudah kok, kita ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

  1. Campur sirup, santan, agar-agar dalam panci lalu masak sampai mendidih sambil terus diaduk, masukkan kelapa kopyor, biarkan sampai mendidih lalu kecilkan api.
  2. Ambil 2 sendok sayur agar-agar yang panas, campur dengan kuning telur yang telah dikocok. Kemudian masukkan kedalam panci agar-agar, aduk rata lalu matikan apinya.
  3. Masukkan 2 sendok sayur agar tadi dalam kocokan putih telur, lalu kembalikan campuran tadi ke adonan agar-agar.
  4. Masak lagi diatas api sebentar diatas api kecil sambil diaduk, angkat. Aduk terus sampai adonan jadi hangat, lalu tuang dalam cetakan yang telah dibasahi air, dinginkan.
  5. Hidangkan dengan vla.

Sedangkan untuk membuat Vla caranya yaitu pertama kocok telur, gula, vanili sampai kental lalu masukkan tepung maizena, kemudian aduk rata. Setelah itu masukkan susu, masak sampai matang di atas api kecil. Terakhir, angkat dan biarkan dingin.

Alah, akhirnya jadi juga bukan? Bagaimana, ada yang sulit? Ya, sabar, namanya juga baru pertama kali membuat puding kopyor jadi ya wajar jika belum begitu lancar. Agar lebih mudah bisa kita cetak terlebih dahulu resepnya sehingga langkah-langkahnya bisa lebih jelas.

Ini kan baru mencoba pertama kali, besok kalau kita mau membuat menu ini lagi pasti tidak akan ribet seperti sekarang. Masalah rasa tinggal disesuaikan saja mau yang legit atau bagaimana. Kita yang membuat dan kita yang makan jadi ya kita sesuaikan dengan kesukaan kita saja. Ya sudah, itu saja dulu, besok kita coba menu lain lagi bareng saya disini. Sampai bertemu besok.
Tag : Puding, Resep Kue
0 Komentar untuk "Belajar Membuat Puding Kopyor, Resep Puding Istimewa"

Back To Top