Resep Ayam Goreng Bumbu Bali, Bahan dan Cara Masaknya

Kreasi masakan ayam goreng memang paling banyak memiliki jenis yang berbeda, contohnya saja resep ayam goreng yang menggunakan bumbu bali yang akan kita buat kali ini. Ayam goreng yang satu ini memiliki rasa yang tak kalah lezat dari jenis masakan ayam goreng lain. Namun begitu menu yang satu ini cukup unik dalam hal proses pengolahan. Tapi tentu saja alasan pemilihan sebuah masakan tak akan lepas dari rasa masakan tersebut.

Menu ayam goreng bumbu bali ini dari segi rasa memiliki rasa yang begitu khas kedaerahan karena memang bahan, bumbu dan pengolahannya sesuai dengan daerah asalnya. Bisa dibayangkan bagaimana rasanya, sebuah daging ayam yang dibumbui dan sudah digoreng lalu diberi bumbu lagi, rasanya begitu kental dan lekat di lidah.


Yang menarik lagi, selain rasanya yang enak, masakan daerah yang satu ini cukup mudah juga untuk disiapkan sendiri di rumah. Masakan ini dalam proses pengolahan tidaklah rumit dan bisa langsung di praktek-kan meski oleh kita yang masih baru belajar masak. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat ayam goreng yang satu ini juga sedikit lebih cepat jika dibandingkan dengan jenis ayam goreng lain.

Bahan dan bumbu ayam goreng

Rasa yang nikmat biasanya banyak dihasilkan oleh bahan bumbu yang begitu beragam. Namun hal itu tidak begitu terlihat pada masakan ini. Hal ini karena masakan ini hanya menggunakan bahan serta bumbu rempah yang cukup sederhana sekali. Namun begitu rasa akhirnya memang begitu kaya rasa.

Di lihat dari bahan serta bumbu yang digunakan, masakan ayam khas daerah ini tidaklah berbeda jauh dengan yang lain. Bahkan menurut saya pribadi masakan ini bahan dan bumbunya cukup sederhana. Agar lebih jelas mari kita siapkan saja bahan dan bumbu yang dibutuhkan seperti pada daftar berikut.

Bahan:
  • 1 ekor ayam dipotong menjadi 8 bagian
  • 1 cm lengkuas dimemarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 buah tomat, masing-masing dipotong menjadi 8 bagian
  • 2 sdm kecap manis
  • Garam secukupnya

Ketika mencoba memasak menu ini saya menggunakan khusus daging ayam kampung yang terkenal lebih alami pemeliharaannya sehingga tidak perlu cemas akan kesehatan. Selain itu daging ayam kampung memang lebih nikmat meski proses pengolahannya sedikit lebih lama jika dibandingkan dengan jenis ayam lain.

Bumbu halus:
  • 3 butir kemiri
  • 6 buah bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 7 buah cabe merah
  • 2 ruas jahe
  • 1/2 sdm terasi yang sudah digoreng

Bahan utamanya daging ayam dengan tambahan beberapa bahan bumbu lain seperti lengkuas, daun salam, daun jeruk dan juga tomat. Bumbu yang dihaluskan juga tidak banyak antara lain bawang, kemiri, cabe dan juga jahe. Namun yang sedikit beda, dalam bumbu halus juga dibutuhkan bumbu atau bahan lain yaitu terasi. Terasi ini yang mungkin dapat membuat hasil masakan ini spesial rasanya.

Cara membuat ayam goreng bumbu bali

Tidak perlu takut dan ragu bagi yang akan mencoba resep ayam goreng bumbu bali ini karena proses pembuatan atau proses memasak menu ini tidaklah sulit. Secara garis besar, pertama ayam diberi garam dan didiamkan agar meresap.

Setelah itu digoreng setengah matang, baru setelah digoreng setengah matang tersebut kita siapkan tumisan bumbu dan ayam dimasak pada tumisan tersebut. Jadi proses terakhir pengolahan masakan ini justru di tumis dengan bumbu dan bukan di goreng. Agar lebih jelas mari ikuti panduan cara membuatnya di bawah ini. 
  1. Campurkan potongan daging ayam dengan garam secukupnya, setelah itu diamkan sebentar supaya garam meresap.
  2. Goreng ayam setengah matang, kemudian sisihkan.
  3. Tumis bumbu halus hingga mengeluarkan aroma harum
  4. Masukkan daun salam, lengkuas, daun jeruk, tomat, dan kecap manis
  5. Masukkan ayam yang sudah digoreng, dan masak hingga masak dan bumbu meresap

Unik ya, membuat menu ayam goreng tetapi proses akhir di tumis bersama bumbu. Tapi tentu tidak menjadi masalah karena masakan yang penting adalah enak dan nikmat, sehat dan juga sesuai selera kita. Lalu apakah masakan ayam goreng bumbu bali ini sesuai dengan lidah kita? Kita tidak akan tahu jika kita tidak mencobanya langsung.
0 Komentar untuk "Resep Ayam Goreng Bumbu Bali, Bahan dan Cara Masaknya"

Back To Top