Belajar Membuat Soto Banjar, Pilihan Menu Akhir Pekan

Mendekati akhir pekan siap - siap dulu dengan menu kejutan. Kebetulan yang saya pilih untuk menu akhir pekan minggu ini adalah menu masakan ringan yang rasanya cukup mantap yaitu soto banjar. Ya, dari namanya memang sudah terlihat bahwa soto ini merupakan salah satu kuliner khas Banjar yang sudah cukup terkenal. 

Saya sendiri memilih soto banjar sebagai sajian istimewa karena menurut saya rasa soto yang satu ini cukup khas dan kena di lidah. Selain itu keluarga saya juga memang menyukai kuliner soto semacam ini dan kebetulan jenis soto yang biasa disajikan sedikit berbeda dari yang ini.

Karena soto yang satu ini bahan-bahannya lebih banyak kalau dibandingkan dengan yang biasa saya buat. Makanya saya memiliki inisiatif untuk menyajikannya di rumah. Bagi yang ingin ikutan belajar memasak khususnya membuat soto banjar ini bisa segera bergabung bersama saya disini.

Tidak perlu takut, resep soto banjar ini tidak susah untuk diikuti kok dan saya yakin kita semua - meski belum pernah mencobanya - pasti bisa mempelajarinya dengan mudah. 

Foto: Soto Banjar/Wikipedia

Yang terpenting, dalam belajar memasak kita harus sabar yang menjalani semua dengan santai. Tidak perlu ada beban dan tidak perlu takut masakannya tidak enak. Yang namanya belajar ya begitu, yang penting kita bisa memahami proses pengolahan bahan dan bumbu masakannya dengan baik. 

Dengan semakin sering belajar memasak sendiri di rumah maka kita akan semakin hafal dan paham dengan berbagai jenis bumbu dapur atau rempah bumbu yang digunakan. Kalau sudah begitu tinggal mendalami mengenai berbagai tata cara memasak yang baik dan benar.

Bahan dan bumbu soto banjar

Tahapan pertama dalam memasak adalah menyiapkan bahan dan bumbu, ya jelas lah. Makanya kita mulai dari membahas mengenai berbagai bahan dan bumbu yang dibutuhkan. Soto banjar ini menggunakan bahan dasar yang tidak sulit untuk disiapkan. Bahan dasarnya antara lain daging ayam, dan berbagai bahan bumbu. 

Untuk bumbunya sendiri masuk dalam kategori bumbu yang dihaluskan. Jadi bisa dikatakan ada dua jenis bumbu yang akan kita siapkan. Masing-masing tidak jauh berbeda kok. Nah, supaya tidak terlalu lama langsung kita siapkan saja bahan serta bumbu tersebut.

Bahan soto banjar
  • 1 ekor ayam belah empat
  • 1500 ml kaldu
  • 5 cm kayu manis
  • 4 btr cengkeh
  • 3 bh kapulaga
  • 4 batang daun bawang, iris halus
  • 2 batang seledri, iris halus
  • 1 sdm minyak
  • garam

Menu soto umumnya memang membutuhkan bahan - bahan yang tidak sedikit. Sama hal-nya dengan soto banjar yang akan kita buat. Soto ini menggunakan daging ayam, kaldu, kayu manis dan cengkeh.

Selain itu ada juga kapulaga, daun bawang dan juga seledri yang harus kita siapkan. Selain bahan-bahan tersebut kita juga masih harus menyiapkan bumbu dan juga pelengkap seperti di bawah ini.

Bumbu yang dihaluskan
  • 10 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1/2 buah pala utuh
  • merica secukupnya

Bahan pelengkap
  • 100 gr soun, rendam air panas hingga lunak
  • 3 btr telur rebus, belah empat
  • perkedel kentang
  • kecap manis
  • jeruk nipis

Bisa kita lihat, untuk membuat soto banjar ini selain membutuhkan bahan dan bumbu halus kita juga membutuhkan bahan pelengkap. Bahan pelengkap tersebut nantinya akan kita sajikan bersama soto yang sudah jadi. Apa saja pelengkapnya, pelengkapnya ada mie soun, telur rebus, perkedel dan lainnya. 

Cara membuat soto banjar

Bagaimana cara mengolah berbagai bahan dan bumbu tersebut menjadi soto banjar, apakah sulit? Tidak, membuat soto banjar tidaklah sulit namun akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Kalau untuk sotonya saja tidak begitu lama namun untuk menyiapkan berbagai pelengkap yang dibutuhkan akan memerlukan waktu lebih banyak. 

Oleh karena itu, kali ini saya menyiasatinya dengan membuat pelengkap yang sedikit berbeda. Namun begitu jika ingin lebih cepat kita bisa membeli saja pelengkap yang dibutuhkan agar lebih praktis. Tapi tentu saja rasanya tidak akan mantap seperti yang kita buat sendiri. Ya sudah kita mulai saja memasak soto di rumah dengan langkah berikut!

  1. Rebus ayam hingga lunak. Keluarkan ayam dan suir-suir dagingnya. Sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan ke dalam kaldu. Tambahkan daun bawang, kayu manis, cengkeh, kapulaga, daun seledri dan garam. Rebus hingga mendidih.
  3. Siapkan soto di mangkok dengan sedikit soun, daging ayam dan beberapa iris telur rebus. Tuangi kuah. 
  4. Sajikan bersama pelengkap dan sambalnya. 

Bagaimana, sukses bukan? Pasti sukses dong kan sudah ada panduan dari resep soto banjar tersebut. Gampang, tinggal print saja resepnya lalu setelah itu ikuti sesuai panduan yang ada. Nanti, lain waktu kita bisa berkreasi dengan menyesuaikan bahan dan bumbu sesuai keinginan. 
0 Komentar untuk "Belajar Membuat Soto Banjar, Pilihan Menu Akhir Pekan"

Back To Top