Cara Memasak Ayam Goreng Bumbu Ungkep

Cara Memasak Ayam Goreng Bumbu Ungkep - Yang namanya ayam goreng kan paling banyak disukai biasanya, makanya saya juga tidak mau kalah dong. Kali ini saya akan mengajak rekan semua membuat belajar sebuah resep ayam goreng yang cukup istimewa. Yang jelas berbeda dengan yang dijual karena ini resep rumahan, ayam goreng ini bedanya menggunakan bumbu ungkep, tahu kan?

Kalau tidak tahu tidak masalah, sekarang kita memang akan belajar masak dan mengolah daging ayam segar menjadi sebuah sajian istimewa. Masalah rasa, menu ini juga tak kalah dengan yang biasa kita beli, rasanya lezat, gurih dan dagingnya juga cukup lembut dan tidak alot.

Ayam Goreng Bumbu Ungkep
Saya mendapatkan ide untuk mencoba mengajak mempelajari resep ayam goreng bumbu ungkep ini karena seorang teman. Awalnya sih tidak begitu peduli namun melihat teman saya itu makan dengan lahap jadinya saya menjadi penasaran. Bagi yang mau ikutan belajar masak bisa mulai siap-siap. Kalau kurang berkenan dengan menu ini bisa juga mencoba menu sebelumnya yang sudah kita pelajari.

Untuk mengolah daging ayam menjadi menu ini tidaklah sulit. Ya seperti membuat menu ayam goreng lainnya, tinggal dibuatkan bumbu lalu digoreng. Kalau sudah matang bisa diangkat dan bisa langsung disantap selagi hangat. Pokoknya mudah, tapi kalau belum ikutan mencoba resep yang ini nanti rugi loh, percaya deh.

Bahan dan bumbu ayam goreng ungkep

Yuk kita mulai saja siapkan berbagai bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk membuat ayam goreng. Pertama tentu masalah bahan, kita akan mencari daging ayam yang tentu masih segar. Bisa disesuaikan dengan kesukaan mau yang bagian paha, dada atau lainnya. Supaya lebih cepat yuk disiapkan semua bahan dan bumbunya di bawah ini.
  • 1 kg ayam segar
  • 7 lembar daun jeruk
  • 12 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas
  • 10 cm jahe
  • 1 liter air
  • 2 sdm mentega
  • secukupnya lada, minyak goreng, gula pasir, dan kaldu bubuk
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Kemiri 4 biji
  • Gula merah
  • sereh
Daging ayam segar tentu hal yang pasti harus kita siapkan. Selain itu kita juga membutuhkan daun jeruk, daun salam, lengkuas dan juga jahe. Selain itu ada juga beberapa bahan lain misalnya mentega lada, kemiri dan beberapa batang serai.

Ah, tidak repot untuk menyiapkan bahan dan bumbu-bumbu di atas. Bahkan sepertinya semua bumbu di atas juga sudah ada di dapur, biasanya sih demikian. Jadi kita tinggal mulai menyiapkan semuanya sesuai takaran. Bagaimana cara membuatnya, ikuti penjelasan berikutnya ya.

Cara membuat ayam goreng bumbu ungkep

Mudah, di atas juga sudah dikatakan bahwa untuk membuatnya tidaklah sulit, la wong cuma ayam goreng kan prosesnya ya seperti itu saja. Tapi jangan salah, agar kita tahu rasa yang lezat dari bumbu ini maka kita siapkan bumbunya sesuai yang dijelaskan di atas ya.

Setelah itu baru kita masak, cara membuat ayam goreng bumbu ungkep tersebut langkah-langkahnya sebagai berikut!

1. Haluskan semua bumbu, masak dengan air
2. Masak dengan api sedang selama 5 menit
3. Kemudian tambahkan serah serta potongan daging ayam
4. Aduk perlahan, tetap gunakan api sedang agar bumbu meresap kedalam daging.
5. Masak hingga air surut, langkah terakhir tinggal kita goreng.

Siapa tahu menu ayam goreng bumbu ungkep ini menjadi satu masakan yang disukai. Kalau benar kan kita belajar tidak sia-sia jadi memiliki tambahan menu andalan untuk di rumah.

Ketimbang nganggur kita bisa siapkan menu ini sebagai cemilan kok, atau bisa untuk lauk nasi putih. Ya sudah itu saja dulu hari ini, sekarang kita selesaikan dulu masaknya.
0 Komentar untuk "Cara Memasak Ayam Goreng Bumbu Ungkep"

Back To Top